5 Tips Mengembalikan Pigmen Kulit yang Rusak Serta Hilang

Kulit adalah salah satu organ pada tubuh yang sangat penting sebai pelindung dari gangguan dari luar, misalnya sinar matahari, deby, polusi, dan kotoran. Banyaknya gangguan tersebut dapat memicu masalah bagi kulit, dan masalah yang muncul akan membuat kita kurang percaya diri karena penampilan kita yang terganggu. Salah satu masalah kulit tersebut ialah pigmen kulit yang rusak, atau biasa disebut dengan istilah vitiligo.

sabun pemutih wajah

Vitiligo adalah salah satu penyakit kulit yang disebabkan karena berhentinya aktivitas sel melanosit untuk memproduksi pigmen yang berfungsi memberi warna di kulit dan berakibat warna kulit menjadi abnormal dan cenderung berwarna putih kemerahan serta menjadi sedikit licin.

penyebab kerusakan pigmen, antara lain:

  1. Sengatan matahari yaitu kulit menjadi terbakar sinar ultraviolet yang menyebabkan kulit menjadi menghitam atau lebih gelap.
  2. Luka bakar, dimana membuat sel kulit menjadi rusak dan tidak mampu lagi memberi pigmen kulit seperti sebelumnya.
  3. Faktor keturunan, lebih kepada penderita vitiligo yang memiliki kelainan genetic sehingga tubuhnya kekurangan pigmen kulit.
  4. Polusi udara atau paparan senyawa kimia tertentu.

Untuk membuat agar pigmen kulit kembali seperti semula cara berikut ini diharapkan bisa membuat anda memiliki kulit wajah yang sehat.

1. Menggunakan tabir surya

Sinar ultraviolet dari cahaya matahari tetap dapat merusak kulit Anda. Maka, Anda tidak boleh lupa memakai tabir surya setiap keluar rumah dan memakai pakaian pelindung untuk mencegah cahaya matahari mengenai kulit secara langsung.

Baca Juga  5 Manfaat Masker Putih Telur Untuk Kecantikan Wajah

2. Konsumsi makanan berbahan gandum

Jika anda yang telah mengalami vitiligo, anda sangat dianjurkan untuk mengganti bahan dasar makanan pokok Anda mnejadi gandum. Makanan yang berbahan dasar gandum, seperti roti dan oat, akan baik untuk mencegah vitiligo yang Anda alami semakin menyebar.

3. Bawang Putih

Bawang putih memiliki kandungan antibiotik yang bisa menyembuhkan tubuh dari aneka penyakit. Selain itu, bawang putih juga mengandung antioksidan yang tinggi yang bisa membantu menjaga dan mengembalikan kesehatan kulit.

4. Mengkonsumsi Sayuran

Sayuran juga akan sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit, juga membantu mengembalikan pigmen kulit. Sayuran yang direkomendasikan adalah bayam, karena bisa menutrisi sel sehingga lebih mudah memperbaiki kerusakan yang terjadi.

5. Masker alami

Anda bisa melakukan perawatan dari luar untuk mengembalikan pigmen kulit. Salah satu caranya adalah dengan memakai masker kulit yang bisa menutrisi kulit dari luar. Akan lebih baik jika masker yang digunakan terbuat dari bahan alami.

Misalnya, Anda bisa membuat campuran daun mint yang sudah dihaluskan dengan susu, lalu oleskan campuran ini di kulit yang mengalami pigmentasi. Cara ini akan cukup efektif untuk mengatasi pigmentasi akibat radikal bebas atau paparan polusi dan sinar ultraviolet.

Jika anda ingin mendapatkan hasil yang istimewa maka biasakan melakukan gaya hidup yang sehat untuk menjaga kesehatan kulit, termasuk mengembalikan pigmen kulit yang rusak dan cobalah tips diatas agar membantu proses pengembalian pigmen pada kulit.

Baca Juga  5 Buah Yang Berguna Untuk Mencerahkan Wajah

Incoming search terms:

  • cara mengembalikan pigmen kulit yang hilang
  • cara mengembalikan pigmen kulit
  • cara mengembalikan pigmen kulit wajah
  • cara mengembalikan pigmen kulit wajah yang hilang
  • pigmen kulit
  • pigmen kulit rusak ingin ganti cream

Sumber Gambar: Google