5 Bahan Dengan Antioksidan Tinggi Penangkal Penuaan

Perawatan kecantikan wajah tak harus mahal bahkan sulit untuk dijangkau, cukup dengan merawat wajah dirumah dengan bahan-bahan dapur.

Perawatan kecantikan wajah tak harus mahal bahkan sulit untuk dijangkau, cukup dengan merawat wajah dirumah dengan bahan-bahan dapur. Banyak bahan alami yang bisa digunakan sebagai penangkal datangnya penuaan dini. Bahkan siapa sangka modal cantik kita bisa datang dari dapur.

sabun pemutih wajah

Antioksidan berfungsi sebagai pendonor elektron untuk menetralkan sifat reaktif dari radikal bebas sehingga mencegah rusaknya sel. Berikut merupakan bahan alami yang memiliki kandungan antioksidan tinggi untuk penangkal penuaan.

 

Bahan Alami Dengan Antioksidan Tinggi

  1. Kentang

Kentang juga kaya akan antioksidan. Sayuran sumber karbohidrat ini dilengkapi dengan vitamin C yang lumayan tinggi juga. Umbi dari tanaman semusim yang hidup di dataran tinggi ini mengandung glutathione yang cukup banyak. Glutathione adalah antioksidan larut dalam air yang berguna sebagai antioksidan alami.

Gunakan masker kentang parut atau campurkan jus kentang segar dengan masker bubuk andalan. Irisan kentang juga efektif untuk mengompres mata yang sembab.

  1. Teh Hijau

Teh hijau merupakan sumber catechin yang baik untuk menangkal gejala penuaan. Teh hijau juga mengandung polyphenol yang merupakan antioksidan yang paling potensial. Polyphenol berguna untuk mencegah penyebaran dan pertumbuhan sel kanker dalam darah. Selain digunakan sebagai toner dan campuran masker, teh hijau juga baik dikonsumsi setiap hari.

 

  1. Kopi

Biji kopi mengandung antioksidan polifenol yang dapat mencegah kerusakan kolagen, mengurangi kerutan, dan menghindarkan kulit dari kerusakan. Sifat anti peradangannya juga mampu mengurangi garis-garis halus dan mempertahankan keremajaan kulit. Tambahkan bubuk kopi pada campuran masker atau gunakan air seduhannya sebagai penyegar kulit.
  1. Bubuk Kunyit

Kandungan antioksidan bubuk kunyit disebut curcumin. Manfaatnya begitu besar dalam meremajakan dan merawat kulit yang menunjukkan gejala penuaan. Masker kunyit juga bisa digunakan untuk merawat kulit yang mengalami kerusakan karena terpapar sinar ultra violet.

  1. Apel

Apel mengandung sejumlah fitokimia yang tinggi seperti quercetin, catechin, phloridzin dan chlorogenic acid yang berfugsi sebagai antioksidan kuat. Konsumsi apel setiap hari dan sempurnakan dengan masker apel satu atau dua kali seminggu, dapat membantu meningkatkan kesehatan karena kandungan serat, vitamin, fitonutrien, serta antioksidan di dalamnya.

Baca Juga  5 Skincare Routine Untuk Menjaga Kecantikan Wajah
Sumber Gambar: Google